Sosialisasi Perencanaan dan Evaluasi Program Surveilans bagi Petugas Puskesmas dan RS

Sampingan Posted on Updated on

1Sosialisasi dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan. Tidak hanya dari Dinas Kesehatan Kab. Kebumen. Narasumber kabupaten menyampaikan materi tentang evaluasi Program Surveilans Tahun 2013, analisa situasi DBD di Kabupaten Kebumen Tahun 2013, sedangkan narasumber dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah menyampaikan materi surveilans PD3I, Kebijakan dan Penanggulangan DBD dan tupoksi surveilans.

Beberapa hal penting yang dapat dirangkum dari pertemuan ini antara lain: petugas surveilans harus mengetahui potensi penyakit yang ada di wilayah kerjanya, harus mempunyai form PE yang standar dan memahami PE yang berkualitas, PE tidak hanya membawa form PE, berkaitan dengan bencana, ada atau tidak ada korban jiwa hal sederhana yang harus dilakukan seorang petugas surveilans adalah melakukan Rapid Health Assessment (RHA) dan jika diperlukan mendirikan posko kesehatan.

Laporan kebencanaan dapat dilaporkan secara resmi dari bidan desa-petugas surveilans puskesmas-kepala puskesmas dan terakhir ke Dinas Kesehatan Kab. Kebumen c.q Seksi Wabah dan Bencana. 2Berkaitan dengan hasil evaluasi Program Penanganan DB di Kabupaten Kebumen beberapa hal yang perlu dicermati antara lain: petugas RS harus mengetahui betul kriteria penegakan diagnosis kasus DB yang dilengkapi dengan hasil laboratorium angka trombosit dan hematrokit, selain itu petugas surveilans puskesmas harus memahami betul kriteria diadakannya fogging dan yang perlu diperhatikan fogging harus dilengkapi dengan hasil PE yang sesuai SOP dan 3M penanggulangan DB terdiri dari menguras dan menyikat, menutup dan mendaur ulang barang bekas.

Terkait dengan surveilans PD3I, Indonesia menekankan pada reduksi Campak karena virus Campak hanya ada di manusia dan vaksin Campak tersedia. Oleh karena itu petugas surveilans harus mengetahui herd immunity masyarakat di wilayah kerjanya karena cakupan imunisasi Campaktinggi bukan menjadi jaminan herd imunity masyakat tinggi

(Desi Frageti, SKM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s