Pelatihan Introduksi Vaksin Baru Bagi Petugas Puskesmas dan Kabupaten di Kabupaten Kebumen

Posted on Updated on

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 23/Menkes/SK/I/2013 tentang Pemberian Imunisasi Difteri Pertusis Tetanus/ Hepatitis B/Haemophilus Influenza type B maka pelaksanaan pemberian imunisasi Picture1DPT-HB-Hib di Provinsi Jawa Tengah akan dimulai tahun 2014. Sebagai tindaklanjut dari rencana kebijakan tersebut, pada tanggal 8-9 Oktober 2013 bertempat di Hotel Candisari, Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pelatihan Introduksi Vaksin Baru Bagi Petugas Puskesmas dan Kabupaten di Kabupaten Kebumen.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan vaksin baru, yaitu  DPT-HB-Hib yang masuk ke dalam program imunisasi rutin mulai Maret 2014. Vaksin ini diberikan pada anak dengan usia 18 bulan sebagai booster imunisasi DPT-HB (3 dosis) yang telah didapat sebelumnya. Selain DPT-HB-Hib, anak usia 2 tahun juga akan mendapatkan imunisasi Campak sebagai booster dari pemberian imunisasi Campak yang didapat pada usia 9 bulan. Pemberian imunisasi lanjutan (booster) berfungsi untuk meningkatkan tingkat perlindungan terhadap PD3I.

Selain mendapatkan materi tentang Introduksi vaksin baru, peserta juga mendapatkan materi tentang Evaluasi Program Imunisasi Periode Januari sampai dengan Agustus 2013, Skreening TT WUS, Mobilisasi masyarakat dalam program imunisasi, Keterkaitan Program ImunisasPicture2i dan KIA, Safety injection dan Tata Laksana Kasus KIPI, Pencatatan dan Pelaporan Imunisasi dan Pengelolaan Vaksin.  Seperti halya pada Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap, peserta juga diajak untuk mendiskusikan untuk menentukan sasaran dan kebutuhan logistik vaksin Program Imunisasi berdasarkan soal yang diberikan panitia. Materi ini disampaikan dengan apik oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Komda KIPI Kabupaten Kebumen dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen (Desi Frageti, SKM) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s