MENGENAL KANKER PAYUDARA

Posted on

Setiap perempuan beresiko terkena kanker payudara.Resiko payudara meningkat seiring bertambahnyausia. Faktor keturunan dapat mempengaruhi resiko kanker sebanyak 8-10% ataulebih. Faktor lain yang berpengaruh yaitu gaya hidup yang meliputi polamakan, olah raga dan lain-lain.Meskipun begitu masih ada cara harapan untuk melawan penyakit mematikan ini. Pencegahan, pendeteksian dini,dan pengobatan merupakan cara untuk mendapat tingkat kesembuhan lebih tinggi. Intervensi medis yang dilakukan secara dini dapat mempermudah penyembuhan kanker.

Karena deteksi dini sangat penting, maka menyadari  tanda-tanda yang ada merupakan hal yang harus dilakukan. Jika menyadari adanyatanda-tandaseperti benjolan atau penebalan di payudara, bengkak, bercak merah atau warna kulit yang menghitam pada payudara , putting byang masuk kedalam, gatal dan keluar cairan seperti darah maka secepatnyamenghubungi dokter terdekat untuk memastikannya.

Menyadari tanda-tanda diatas tidak mudah,perlu memperhatikan secaraseksama. Salah satu cara yang di rekomendasi yaitudengan sadari (pemeriksaan payudara sendiri). Sadari di bagi menjdi 2bagian yaitu :

  1. LIHAT : Berdiri di depan cermin dan memperhatikan bentuk payudara dari  warna, ukuran hingga keadaan putting. Selanjutnya angkat kedua tangan, letakkan di kepaladan perhtikan kembali payudaraanda.
  2. RASA  : Berbaring dengan posisi terlentangdengan bantal di bawah bahu dan tangan mengangkat. Gunakan ujung jari dan periksa jaringan payudara dengan gerakan vertical dengan sentuhan tegas,tetapi lembut. Lakukan dari putting hingga daerah di sekitar ketiak.

Lakukan sadari sebulan sekali di hari yang sama setiap bulannya/periksa ke dokter/tenaga kesehatan 6-12 bln sekali. Untuk usia 40 tahun/lebih perlu pemeriksaan mamografi untuk pendeteksiaan lebih awal. Untuk yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara perlu pemeriksaan mamografi lebih dini/usia kurang dari 40 tahun.

 

(Muhiroh, Puskesmas Klirong II)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s