YANG PERLU ANDA TAHU TENTANG SMS

Posted on

SMS yang ingin disampaikan disini bukan Short Massage Service (SMS) tetapi Storage Management System atau Sistem Manajemen Stok. SMS ini merupakan sebuah software sederhana yang digunakan pada program imunisasi dalam bentuk tampilan excel.  Beberapa fungsi software ini anatara lain sebagai catatan distribusi vaksin ke jenjang dibawahnya (back up kartu vaksin/buku distribusi vaksin), membantu pengelola imunisasi, baik di tingkat provinsi, kabupaten, bahkan puskesmas untuk mengetahui kapan waktu paling tepat untuk mengambil vaksin pada jenjang diatasnya, membantu pengelola imunisasi untuk memantau jumlah vaksin. Karena dalam bentuk excel, pada SMS  antara sheet yang satu dengan yang lain ada keterkaitan.

Pertama membuka file/software SMS, petugas akan disuguhi table perkiraan kebutuhan vaksin selama sebulan yang harus diisi dan ini akan terkait/terlink dengan halaman ringkasan. Dalam halaman ringkasan, terdapat kolom data print out (tanggal hari ini) nama produk, nama pabrik, no. batch, tanggal kadaluwarsa, keterangan (jumlah dosis/kemasan),  tempat penyimpanan, persediaan stok/dosis, persediaan stok vaksin/bulan, status VVM dan perkiraan pemakaian vaksin per bulan. Kolom pada halaman ringkasan akan terisi apabila kita sudah mengisi tiap sheetnya (ter-link). Satu jenis vaksin mempunyai 10 sheet. Satu sheet berlaku untuk satu nomer batch. Satu sheet memuat informasi tentang nama produk, keterangan (jumlah dosis/kemasan), persediaan awal, status VVM, tanggal kadaluwarsa, nama pabrik, no. batch, tempat penyimpanan, no. SBBK, tanggal pengiriman/penerimaan barang, status penerimaan/pengiriman vaksin, jumlah dosis, alamat asal/pengiriman vaksin, status VVM dan stok akhir. Sebelum mengentri data distribusi vaksin pada tiap sheet, petugas harus membuat/menulis rencana kebutuhan vaksin perbulan.

Karena sudah terlink, maka ketika mengentri kondisi vaksin dan distribusinya di halaman per sheet secara otomatis  di halaman depan/ringkasan jumlah vaksin akan menyesuaikan/sama dengan jumlah vaksin yang ada di sheet. Adanya SMS ini, petugas akan mengetahui jumlah persediaan vaksin pada satu waktu dan mengetahui kapan waktunya mengambil vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten/Provinsi. Persediaan vaksin ideal di suatu institusi, yaitu jumlah kebutuhan vaksin per bulan+cadangan 1 minggu.

Demikian sekilas tentang software  SMS, smoga bermanfaat khususnya bagi pengelola imunisasi di tingkat puskesmas.

(Desi Frageti, SKM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s