Problema Imunisasi

Posted on

Miris ketika kita mendengar berita ada Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit campak. Padahal imunisasi sudah dikenal masyarakat kita selama berpuluhan tahun. Ketika sudah terjadi seperti ini pemerintah dan masyarakatlah yang dirugikan. Pemerintah harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mengatasi hal itu.  Selain itu masyarakat juga akan menderita dengan adanya wabah campak tersebut.

Saat ini pemerintah sudah mencanangkan program imunisasi dengan berbagai cara. Bahkan bayi yang baru lahirpun perlu dilakukan imunisasi. Akan tetapi ada sebagaian masyarakat yang belum bisa menerima hal tersebut. Salah satu penyebabnya adalah alasan agama. Bagi mereka vaksin untuk imunisasi masih diragukan kehalalanya. Disis lain ada anggapan bahwa vaksin untuk imunisasi adalah produk dari yahudi. Hal ini harus menjadi perhatian bagi kita para tenaga kesehatan.

Adapun hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya ialah dengan melakukan penyuluhan kepada mayarakat. Dalam hal ini kita bisa menggandeng tokoh agama atopun adat. Kita bisa melakukanya saat ada musyawarah desa pengajian dan kegiatan masyarakat lainya. Petugas kesehatan harus serius dalam permasalahan imunisasi. karena keberhasilan imunisasi adalah salah satu hal yang menentukan masa depan bangsa.

 

(Udkhulul baiturohman, Pkm Alian)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s