PEMERIKSAAN KESEHATAN IBU HAMIL

Posted on

Setiap keluarga pastilah mengharapkan kehadiran buah hati. Karena buah hati adalah sebagai penyejuk hati dan penenang jiwa. Kehidupan rumah tangga semakin hangat dan harmois dengan kehadiran seorang anak. Anak adalah tempat orang tua mencurahkan kasih sayang dan perhatian. Berbahagialah seorang ibu yang dikaruniai kehamilan. Dengan kehamilan yang sehat maka tumbuhlah generasi yang sehat dan kuat. Kehamilan merupakan proses alamiah dan unik yang dialami seorang wanita. Dengan kehamilan, terjadi proses berkembangnya janin di dalam rahim. Seorang ibu hamil diharuskan memeriksakan kehamilan ke tenaga kesehatan.

Pemeriksaan kehamilan adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan kepada ibu hamil. Tenaga kesehatan tersebut antara lain bidan atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Ibu hamil dapat mengunjungi polindes, puskesmas atau rumah sakit terdekat.  Pemeriksaan ini dilakukan dari ujung rambut sampai ujung kaki, yang bertujuan mengetahui kesejahteraan ibu dan janin.  Manfaat dari pemeriksaan kehamilan adalah dapat mengetahui tekanan darah ibu, kenaikan berat badan ibu selama kehamilan, umur kehamilan dan posisi janin.

Ibu memeriksakan kehamilan minimal 4 kali selama kehamilan. Yaitu satu kali pada saat  3 bulan pertama kehamilan, dua kali pada saat 3 bulan kedua kehamilan, dan 2 kali pada saat 3 bulan ketiga kehamilan. Jika ibu lebih sering memeriksakan kehamilan maka akan lebih baik. Karena akan lebih terkontrol ibu dan janin. Dalam pemeriksaan kehamilan ibu dapat memperoleh pendidikan kesehatan yang bermanfaat dalam menjalani kehamilan dengan semangat. Diharapkan nantinya lahir anak yang sehat dan ibu selamat.

(Lisa Mumtihanah, Pkm Karanggayam II)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s