KALI BERUBAH FUNGSI MENJADI TEMPAT SAMPAH RAKSASA

Posted on

Berubahnya fungsi Kali  menjadi tempat sampah raksasa, tak hanya membuat resah warga dewasa, namun juga anak-anak. Banyak orang tua yang khawatir, kondisi kali yang tidak sehat bisa membuat anak-anak terkena penyakit.
Sepanjang bantaran kali  2 km lebih dengan  lebar 2 meter hampir penuh dengan tumpukan sampah ,hunian disekitar kali memperparah tumpukan sampah . Berbagai jenis sampah mulai dari sampah plastic, organic menggunung di sepanjang kali, tak heran bila daya tampung kali menjadi tidak maksimal.

Banyak dampak yang muncul ketika kali berubah fungsi menjadi tempat sampah raksasa diantaranya :

  • Pendangkalan kali ,berimbas pada daya tampung kali ketika hujan berkurang,tidak hanya daya tampung bumi akan air hujan yang menyebabkan banjir, pendangkalan kali menjadi pemicu utama diJakarta dan kota besar lainnya terjadinya banjir ketika musim penghujan tiba.
  • Berbagai macam penyakit menular akibat pembusukan sampah yang terlalu dekat dengan pemukiman penduduk dengan kepadatan yang luar biasa ( dikota – kota besar )sampah menjadi tempat perindukan vector penular penyakit , siap – siap terjadinya KLB penyakit – penyakit berbasis lingkungan akibat penumpukan  tempat sampah raksasa akan tetapi juga kali yang berfungsi juga sebagai tempat MCK ( Mandi Cuci Kakus) yang sangat familiar bagi masyarakat pinggiran yang sudah akrab dengan kemiskinan dimana mereka memanfaatkan aliran kali setiap harinya.

 

Menjadi PR semua pihak untuk menghentikan proses berubah fungsinya kali menjadi tempat sampah raksasa. Dinas terkait serta pendidikan kesehatan bagi masyrakat dibantaran kali – kali besar menjadi agenda besar yang harus segera direalisasikan untuk mencegah kejadian yang mengerikan.

Yang tak kalah pentingnya adalah menyediakan layanan pengangkutan sampah ke Tempat pembuangan akhir ( TPA ) bagi pemukiman disepanjang bantaran kali.

 

(Yuli Driyaningsih, Labkesda Kebumen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s