FLU SINGAPURA

Posted on Updated on

FAPenyakit ini muncul pertama kali d Singapura dan sempat menimbulkan wabah pada tahun 2006, sehingga dinamakan flu singapura. Di Indonesia, penyakit ini muncul pertama kali pada tahun 2009, dengan jumlah kasus 9 anak di Jakarta. Penyakit ini di dunia kedokteran dikenal dengan istilah PTKM atau HFMD  karena menyerang tangan, kaki dan mulut. Penyakit ini sering ditemui pada anak dan bayi, karena imunitas mereka lebih lemah dibanding orang dewasa.

  • Penularan

PTKM menular melalui kontak langsung cairan hidung dan tenggorok, saliva, cairan dari blister atau tinja pasien. Masa penularan terbesar terjadi pada minggu pertama sakit. Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi di musim panas. Masa inkubasinya 3-7 hari.

  • Etiologi

PKTM disebabkan oleh virus RNA yang masuk famili Piconaviridae dan genus Enterovirus (nonpolio). Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, dan Apthovirus. Di dalam genus Enterovirus terdapat Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus, dan Enterovirus. Penyebab KTM yang paling sering adalah Coxsackie A16, sedangkan yang menimbulkan keadaan lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71.

  • Gejala

FsDemam tidak tinggi 2-3 hari, sakit leher (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, ruam di bagian mulut, tangan dan kaki, dan mungkin di bagian popok, timbul vesikel yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh memerah/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Jika pederita mengalami demam tinggi > 38 OC selama 2 hari. ada gejala flu, sesak napas, kejang-kejang, ulkus, sariawan pada rongga mulut, lidah, dan kerongkongan, terjadi gejala neurologi, muntah berulang, dan halusinas, maka penderita harus segera dirujuk ke rumah sakit.

  • Pencegahan

Pencegahan PTKM dapat dilakukan dengan cara membiasakan cuci tangan dengan sabun setelah membersihkan hidung, menggunakan toilet atau mengganti popok, menutup mulut dan hidung bila batuk dan bersin, tidak menggunakan  secara bersama-sama  cangkir, sendok, garpu.  dan alat kebersihan pribadi yaitu  handuk, lap muka, sikat gigi dan pakaian, terutama sepatu dan kaus kaki, mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan sehat, membersihkan seluruh bagian tangan dan kaki terutama bagian kuku yang sering menjadi sarang bagi kuman.

  • Pengobatan

Meski kemungkinan menyebabkan kematian kecil, tetapi pengobatan tetap perlu dilakukan untuk mencegah penularan. Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari asal stamina penderita fit atau dengan mengkonsumsi makanan cukup protein dan kalori dan menelan obat penurun panas.

Demikian sekilas penyakit tangan, kaki dan mulut semoga bermanfaat.

(Desi Frageti, SKM)

Disadur dari :

www.depkes.go.id/…/211-flu-singapura-bukan-penyakit-berbahaya-.

http://obat-flu-singapura.blogspot.com/

One thought on “FLU SINGAPURA

    Saryono said:
    14/02/2013 pukul 13:42

    Thanks Infonya…. Jadi lebih waspada lagi.., dan harus membiasakan hidup bersih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s