Rumah Sehat, Siapa Yang Tidak Mengidamkan ?

Posted on

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Siapapun ingin memenuhi kebutuhan itu. Rumah, tempat berlindung dari panas, hujan, dan gangguan binatang liar. Rumah juga tempat  berkumpul dengan keluarga, menyalurkan rasa sayang antar anggota keluarga. Rumah yang nyaman, bersih, tenang,pastilah diidamkan setiap orang. Tapi, tidak setiap orang mampu memenuhi kebutuhan pokok ini.

Di daerah sungai Kemit, karanganyar kita bisa melihat, rumah  yang kurang layak huni. Menurut data dari desa ada 35 KK yang membangun rumahnya di tepi sungai. Jarak antar rumah tidak lebih dua meter. Kondisi rumahpun sangat memprihatinkan. Tidak bisa dibedakan mana ruang tamu mana dapur. Setiap ruang mempunyai banyak fungsi. Hal ini terrjadi karena luas rumah tidak sebanding dengan jumlah anggota keluarga. Lingkungan yang kurang bersih, menambah rumah mereka tidak layak huni.

Penularan penyakit dengan cepat dapat terjadi. Diare dan ISPA merupakan kasus yang selalu terjadi. Tahun 2009 yang lalu, kasus diare meningkat dalam satu minggu terakhir. Selain lingkungan, factor kesadaran masyarakat juga ikut andil dalam peningkatan kasus.

(Latifah, Puskesmas Gombong I)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s