POSYANDU LANSIA

Posted on

Meningkatnya Umur Harapan Hidup, menyebabkan peningkatan pada jumlah lanjut usia. Besarnya populasi lanjut usia menimbulkan permasalahan-permasalahan baru, sehingga lanjut usia kurang mendapat perhatian, dan pada akhirnya akan menghambat pencapaian lanjut usia sehat sejahtera dan produktif.

Adanya permasalahan-permasalahan tersebut, diperlukan perhatian yang serius dari semua pihak untuk upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia. Telah banyak upaya yang dilakukan, salah satunya adalah terlaksananya pelayanan pada lanjut usia melalui posyandu lanjut usia yang melibatkan semua lintas sektor terkait, swasta, LSM dan masyarakat.

Pelayanan pada lanjut usai yang telah berjalan, ternyata belum dapat mengatasi permasalahan yang ada. Kuatnya stigma masyarakat bahwa pada usia lanjut adalah usia berpenyakit, menyebabkan rendahnya kesadaran untuk memanfaatkan posyandu tersebut. Posyandu tidak lagi melakukan upaya promotif, tetapi lebih kepada kuratif. Hal ini disebabkan, kunjungan lanjut usia pada posyandu, lebih banyak didorong oleh keadaan sakit, tidak karena dorongan memelihara kesehatan.

Keberhasilan upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia, tidak hanya menitikberatkan upaya yang bersifat umum, akan tetapi perlu adanya upaya khusus berupa pendekatan interpersonal terhadap lanjut usia dan keluarga.

(Adi Nugroho, Puskesmas Kutowinangun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s