OBAT DAN EFEK SAMPINGNYA

Posted on

Masyarakat yang merasa sakit atau tidak enak badan pada umumnya akan langsung mencari obat. Ada juga yang datang ke pusat kesehatan, seperti puskesmas, klinik dan rumah sakit untuk mendapatkan obat. Dalam pandangan masyarakat, obat merupakan jalan utama untuk mendapatkan kesembuhan dan kesehatan. Sebenarnya obat pada umumnya hanyalah bahan kimia yang dimasukkan kedalam tubuh manusia untuk membantu mengembalikan keseimbangan yang ada dalam tubuh.

Obat dapat berasal dari senyawa kimia atau bahan kimia dan juga berasal dari bahan biologi yang diolah agar dapat digunakan dalam pengobatan. Contohnya adalah parasetamol yang diolah menjadi tablet atau sirup. Macam-macam obat yang sering digunakan dan di konsumsi oleh masyarakat  adalah obat konvensional, obat tradisional, dan kosmetik.

Obat konvensional

Obat konvensional adalah obat yang secara umum digunakan dalam pengobatan oleh dokter atau tenaga medis lain di seluruh dunia, yang berupa kapsul, tablet, sirup dan lain sebagainya. Obat ini pada umumnya terbuat dari bahan kimia yang diolah agar dapat dikonsumsi dan digunakan oleh manusia dalam pengobatan. Bahan-bahan kimia tersebut adalah bahan kimia yang sudah diketahui memiliki kegunaan dalam pengobatan.

Obat tradisional

Obat tradisional merupakan obat yang berasal dari tumbuhan, hewan dan mineral yang sudah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang kita. Obat tradisional dikelompokkan dalam 3 kelompok, yaitu :

  1. Jamu, yang merupakan obat tradisional yang sudah dipakai oleh masyarakat dari jaman dahulu hingga sekarang. Khasiat dan efek jamu diketahui berdasarkan pengalaman masyarakat yang terdahulu. Pengetahuan khasiat jamu ini diteruskan hingga turun temurun sehingga sampai saat ini masih digunakan di masyarakat
  2. Obat herbal terstandar, merupakan obat yang dikembangkan dari jamu. Pengembangan jamu ini dilakukan dengan beberapa penelitian ilmiah tentang bahan baku dan khasiat serta efeknya pada hewan percobaan.
  3. Fitofarmaka, merupakan pengembangan yang lebih jauh lagi dari jamu yang telah menjadi obat herbal terstandar. Pengembangan ditambah dengan penelitian ilmiah kepada manusia.

Kosmetik

Kosmetik merupakan bahan kimia yang diolah untuk digunakan sebagai peningkat nilai penampilan dari seseorang. Kosmetik dapat digunakan untuk memperbagus penampilan dan menutupi kekurangan dari penampilan seseorang.

Dari berbagai penjelasan diatas, obat sebenarnya juga memiliki efek samping yang timbul dari penggunaannya dalam pengobatan. Efek tersebut dapat dapat timbul dan dirasakan seseorang. Salah satu efek samping obat adalah rasa gatal, rasa terbakar, perubahan warna pada kulit atau organ lain. Efek tersebut dapat muncul akibat sensitifitas reaksi dari tubuh seseorang. Efek obat dapat muncul dari kesalahan pemakaian obat atau reaksi dari beberapa obat yang digunakan.  Oleh karena itu, perlu diketahui obat yang dapat menimbulkan efek samping pada seseorang. Hal itu dapat digunakan sebagai nformasi kepada dokter dan tenaga medis yang menangani sehingga dapat memberikan obat yang tepat dalam melakukan pengobatan.

(Agung N. , Unit P3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s