IMUNISASI

Posted on

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan tergolong sebagai penyakit yang menular. Penyakit yang ditandai dengan demam, bercak-bercak merah,  pilek yang disertai batuk, dan mata merah ini masih dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Jawa Tengah. Penyakit campak ini dapat dicegah  dengan pemberian imunisasi campak. Di kabupaten Kebumen sendiri misalnya, pelaksanaan imunisasi campak dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 3 September 2012 yang sering kita sebut dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

BIAS tersebut dilaksanakan sepenuhnya oleh seluruh puskesmas di Kabupaten Kebumen sebagai unit pelaksana tugas dari Dinas KesehatanKabupaten Kebumen. Tenaga kesehatan yang melaksanakan imunisasi ini diantaranya adalah dokter, perawat ataupun bidan.

Pelaksanaan BIAS yang memiliki sasaran anak usia sekolah itu memiliki banyak persoalan. Persoalan banyak muncul dari orang tua atau wali siswa yang memiliki keyakinan mengenai bahan yang digunakan untuk imunisasi campak tersebut. Sebagian wali siswa ada yang berpendapat bahwa vaksin yang digunakan untuk imunisasi campak tersebut adalah haram.

Penolakan terhadap imunisasi tersebut sebenarnya sudah sejak lama terjadi dan telah direspon oleh dinas kesehatan kabupaten kebumen. Sejauh ini vaksin yang digunakan untuk imunisasi campak aman dan telah di sahkan kehalalannya oleh lembaga keagamaan pusat. Jadi sebaiknya orang tua wali siswa tidak perlu khawatir mengenai tingkat keamanan dan kehalalan imunisasi campak.

(Adi Nugroho, Pusk Kutowinangun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s