GIZI BURUK DAN GIZI KURANG PUSKESMAS ROWOKELE

Posted on

Gizi buruk atau malnutrisi dapat diartikan sebagai asupan gizi yang buruk. Hal ini bisa diakibatkan karena kurangnya asupan makanan, pemilihan jenis makanan yang tidak tepat atau karena sebab lain seperti adanya penyakit infeksi yang menyebabkan kurang terserapnya nutrisi dari makanan. Gizi buruk di Puskesmas Rowokele dari bulan Januari sampai September 2012 adalah 0 (tidak ada) kasus.

Gizi kurang merupakan status gizi berat badan menurut tinggi badan yang perlu diwaspadai, apabila seseorang anak berada pada status ini maka perlu dilakukan pemantauan yang berkesinambungan agar anak tidak berada pada status gizi buruk.  Di wilayah kecamatan Rowokele dari bulan Januari sampai September 2012 terdapat  4 balita yang mengalami status gizi kurang dari 11 desa yang ada. Apabila balita selalu berada dalam status gizi yang rendah, hal ini akan membuat balita mengalami penurunan kecerdasan dan kondisi tubuh yang tidak baik. Untuk saat ini penanganan yang telah diberikan pada keempat balita tersebut yaitu dilakukannya tindakan medis agar anak tidak berada dalam kondisi sakit dan sudah diberikannya makanan tambahan berupa PMT Pemulihan agar terdapat perbaikan pada berat badannya. Hal lain yang menyebabkan berat badan anak susah untuk naik dikarenakan pola asuh yang salah dikarenakan anak diasuh oleh nenek sehingga perhatian dari ibu kurang, ibu yang tidak memperhatikan pola makan anak (asal-asalan memberi makan), dan anak yang sering sakit (panas,pilek,diare,batuk,dll).

Hal lain yang sudah dilakukan petugas adalah selalu memantau, memberikan konsultasi kepada ibu balita dan selalu memotivasi kepada ibu balita supaya memberikan hal yang terbaik terhadap buah hatinya terutama kuantitas makanan bagi balita. Kuantitas makanan yang baik bagi balita adalah makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak dan mengandung semua zat gizi antara lain protein,karbohidrat, zat besi dan mineral. Apabila terdapat penyakit penyerta maka perlu dilakukan pengobatan. Oleh sebab itu,peran orang tua terhadap perkembangan anak sangatlah penting. Sampai saat ini keempat anak tersebut sudah mengalami sedikit peningkatan berat badan dan akan terus menerus dilakukan pemantauan oleh petugas sampai anak berada dalam status gizi yang baik.

 

 Ratnawati (Puskesmas Rowokele)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s