APAKAH GIZI BURUK ITU???

Posted on

Bangsaku Indonesia sedang sakit. Bangsa ini sakit karena mempunyai pekerjaan rumah besar. Pekerjaan itu adalah menanggulangi masalah gizi buruk. Sebab bila masalah ini tidak tertanggani maka tidak akan ada lagi penerus bangsa ini.

Gizi buruk merupakan suatu keadaan yang dialami seseorang karena menderita penyakit infeksi dan kurang asupan gizi. Beberapa zat gizi yang dimaksud seperti karbohidrat, protein serta lemak. Kekurangan zat gizi yang paling sering terjadi adalah kurang asupan sumber energi dan protein.

Masalah gizi buruk ini sebagian besar terjadi pada anak-anak. Ada empat faktor tidak langsung yang menyebabkan banyak terjadi gizi buruk:

  1. Ketersediaan pangan

Tidak tersedianya beragam makanan yang mampu disediakan oleh kelurga menyebabkan kurangnya asupan zat-zat gizi tertentu

2. Sanitasi

Masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan tidak mempunyai kemampuan yang cukup untuk memiliki tempat tinggal yang layak sehingga kebersihan menjadi prioritas terrakhir

3. Pelayanan kesehatan

Pelayanan kesehatan yang dimaksud adalah tidak terjangkaunya pelayanan kesehatan untuk daerah yang terpencil.

4. Pola asuh

Adanya adat kebiasaan dalam masyarakat kita untuk mendahulukan orang yang dihormati untuk makan terlebih dahulu. Seharusnya dengan keterbatasan makanan yang ada maka anak-anak dalam keluarga menjadi prioritas.

5. Kemampuan daya beli keluarga

Sedikitnya lapangan pekerjaan di negeri ini membuat banyak masyarakatnya hidup dibawah garis kemiskinan. Ketidakmampuan orang tua untuk mencari nafkah yang cukup menyebabkan berkurangnnya kemampuan untuk membeli makanan yang bergizi untuk anaknya.

6. Pendidikan

Rendahnya pendidikan orang tua mempengaruhi pola pikir merek akibatnya pola asuh orang tua menjadi tidak baik.

7. Pengetahuan

Pengetahuan orang tua yang didapat tidak dari sumber yang benar bisa mengakibatkan salahnya pengetahuan dalam mengasuh anak.

 

Gizi buruk ada 3 macam :

1. Marasmus

Ciri-ciri klinis: wajah seperti orang tua, cengen dan rewel, sering disertai: peny. infeksi (diare, umumnya kronis berulang, TBC), tampak sangat kurus (tulang terbungkus kulit), kulit keriput, jaringan lemak subkutis sangat sedikit sampai tidak ada (~pakai celana longgar-baggy pants), perut cekung, iga gambang

2. Kwashiokor

Ciri-ciri klinis: rambut tipis seperti warna merah, edema (pd kedua punggung kaki,  bisa seluruh tubuh), rambut jagung, mudah dicabut tanpa rasa sakit, rontok, kelainan kulit (dermatosis), wajah membulat dan sembab, pandangan mata sayu, pembesaran hati, sering disertai: peny. infeksi akut,  diare, ISPA dll, apatis & rewel, otot mengecil (hipotrofi)

3. Marasmus-kwashiokor

Ciri-ciri klinis marasmus-kwashiork secara klinis penggabungan marasmus dan khashiokor disertai edema yang  tidak mencolok pada kedua punggung kaki

 

(IDHA AYU YULIASTRI, Nutrisionis Puring)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s