ANTE NATAL CARE (ANC)

Posted on

Setiap pasangan suami istri mendambakan hadirnya seorang anak yang akan menjadi penerus hidupnya. Seorang ibu hamil sangat mengharapkan keselamatan dan kesehatan selama hamil sampai melahirkan. Upaya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatannya yaitu dengan cara melakukan kunjungan Ante Natal Care (ANC). ANC yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh ibu hamil dimana seorang ibu akan mendapatkan pelayanan kesehatan mengenai kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil dapat memperoleh pelayanan ANC baik di layanan pemerintah maupun di swasta. Di layanan pemerintah misalnya di puskesmas, rumah sakit, poskesdes maupun posyandu, untuk layanan swasta bisa dilakukan di RS swasta, klinik swasta dll. Adapun tenaga kesehatan yang dapat memberikan pelayanan ini diantaranya yaitu bidan, dokter maupun perawat kesehatan.

Menurut anjuran Depkes Kunjungan ANC bagi ibu hamil minimal dilakukan 4x selama kehamilan, dengan jadwal kunjungan 1x pada trimester I, 1x pada trimester II dan 2x pada trimester ke III.

Mengapa seorang ibu hamil harus melakukan ANC secara rutin? Seorang ibu hamil mempunyai amanat untuk melahirkan generasi yang sehat. Dalam hal ini ibu hamil perlu mendapatkan suatu pengawalan dalam mengemban amanat tersebut. Banyak keluhan dan berbagai macam masalah dalam menghadapi kehamilannya, baik perasaan mual, pusing, lemah, mudah capek dll. Dengan melakukan ANC secara rutin maka masalah-masalah yang dihadapi oleh ibu hamil dapat segera diatasi.

Pelayanan ANC dapat dilakukan oleh tenaga profesional diantaranya bidan, dokter maupun perawat

Pelayanan ANC dilakukan dengan metode 7 T meliputi:

  1. Timbang

Dilakukann untuk mengetahui berat badan ibu hamil, sehingga dapat diketahui berapa pertambahan berat badan ibu selama hamil. Apabila berat badan ibu tidak bertambah selama beberapa bulan atau penambahannya terlalu pesat maka dapat segera dicari penyebabnya atau masalahnya.

2. Tensi/Tekanan darah

Setiap kunjungan dilakukan pengukuran tekanan darah dengan tujuan untuk mengetahui  tekanan darah ibu, apabila mengalami kenaikan/tekanan darah tinggi maka dapat dilakukan untuk kewaspadaan lebih lanjut karena tanda-tanda keacunan kehamilan/preeklamsia diantaranya yaitu tekanan darah tinggi.

3. TFU

Pemeriksaan TFU (Tinggi Fundus Uteri), yaitu memeriksa perut ibu untuk menentukan umur kehamilan ibu, tafsiran berat bayi serta posisi bayi dalam kandungan ibu.

4.TT (Imunisasi TT)

Yaitu memberikan imunisasi TT pada ibu hamil untuk mencegah penyakit tetanus pada ibu dan bayi baru lahir.

5. Tambah darah

Yaitu memberikan obat tambah darah untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

6. Test kesehatan, dilakukan untuk mengetahui apakah ibu menderita penyakit infeksi kelamin (ini masih jarang dilakukan).

7. Temu wicara

Yaitu memberikan informasi kesehatan pada ibu hamil yang dilakukan oleh petugas sebagai bahan penyuluhan sesuai dengan keluhan yang dialaminya.

(Linarsih, Puskesmas Sempor 2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s