SEKILAS TENTANG PENYAKIT YANG DAPAT DICEGAH DENGAN IMUNISASI (PD3I) YANG MENJADI PROGRAM PEMERINTAH

Posted on Updated on

Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga kelak jika terpapar penyakit tidak akan menderita penyakit tersebut. Tujuan imunisasi yaitu menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian pada bayi akibat Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Pada saat ini ada 5 jenis imunisasi yang termasuk dalam Program Pengembangan Imunisasi di Indonesia. Imunisasi tersebut, yaitu BCG, DPT HB, Polio, Campak dan Hepatitis. Kelima imunisasi tersebut dikenal dengan  LIL (Lima Imunisasi Dasar Lengkap) merupakan imunisasi wajib bagi anak dibawah 1 tahun. Ketidaktahuan akan manfaat imunisasi tersebut untuk mencegah PD3I merupakan salah satu faktor yang menyebabkan orang tua enggan mengimunisasikan anaknya. Berikut disampaikan  sekilas tentang PD3I :

  1. Tuberculosis

Yaitu penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini menular lewat bersin/batuk. Gejala penyakit ini berupa berat badan tutun, keluar keringat pada malam hari, batuk terus-menerus, nyeri dada, dan kemungkinan disertai nyeri dada. Selain paru-paru, bakteri ini juga menyerang selaput otak, tulang, kelenjar getah bening, dan usus dan gejalanya tergantung pada organ tubuh yang diserang.

    2. Diptheri, Pertusis, Tetanus
  • Diptheri

Yaitu penyakit yang disebabkan oleh Corynebacterium diptheriae. Diptheri menular lewat kontak fisik dan pernapasan. Bakteri ini menyerang tenggorokan, kotak suara dan saluran udara menuju paru-paru. Gejala Diptheri berupa radang tenggorokan, hilang nafsu makan, demam ringan, dalam 2-3 hari timbul selaput putih kebiruan pada tenggorokan dan tonsil. Diptheri dapat menimbulkan komplikasi yang berujung pada kematian.

  • Pertusis

Dikenal dengan batuk rejan/batuk 100 hari. Pertusis disebabkan oleh Bordotella pertusis yang menyebar melalui batuk/bersin penderita. Komplikasi pertusis berupa pneumonia bacterialis yang dapat menyebabkan kematian. Pertusis ditandai dengan pilek, mata merah, bersin, demam, batuk ringan yang lama kelamaan dapat menimbulkan batuk menggigil yang cepat dan keras.

  • Tetanus

Merupakan penyakit yang terjadi akibat kontaminasi spora Clostridium tetani pada luka tali pusar pada saat pemotongan/perawatan tali pusar. Gejala pada bayi ditandai tidak mau menetek antara 3-28 hari, disertai kejang hebat dan tubuh menjadi kaku. Tetanus juga bisa terjadi pada orang dewasa. Tetanus ini ditandai dengan kaku otot pada rahang, kaku leher, kesulitan menelan, kaku otot perut, berkeringat dan demam. Komplikasi tetanus berupa patah tulang akibat kejang, pneumonia dan infeksi lain yang dapat menyebabkan kematian.

3. Polio

Penyakit polio disebabkan oleh virus Polio strain 1,2,3  yang menyerang system syaraf pusat. Secara klinis polio diidentifikasi dengan adanya lumpuh layuh akut pada anak dibawah 15 tahun. Polio menular melalui tinja yang terkontaminasi virus Polio. Kelumpuhan terjadi pada minggu pertama sakit yang diawali dengan demam dan nyeri otot. Polio bisa menyebabkan kematian jika menginfeksi otot pernapasan yang tidak segera ditangani.

4. Campak

Campak disebarkan melalui virus measles melalui droplet bersin/batuk penderita. Gejala khas campak berupa demam, bercak kemerahan, batuk, pilek dan konjungtivitis. Komplikasi campak berupa diare hebat, peradangan pada telinga dan pneumonia.

 

5. Hepatitis B

Hepatitis B atau sakit kuning disebabkan virus Hepatitis yang menyerang hati. Virus ini menular terutama melalui suntikan yang tidak aman. Infeksi pada anak tidak menimbulkan gejala. Gejala pada dewasa berupa lemah, gangguan perut, urin kuning seperti the, muka pucat bahkan warna kuning terlihat pada mata dan kulit. Hepatitis ini dapat bersifat kronis dan menimbulkan serosis hati bahkan kanker hati dan kematian.

Demikian sekilas tentang Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) semoga bermanfaat. (Desi Frageti, SKM).

Disadur dari :

Pedoman Teknis Imunisasi Tingkat Puskesmas Direktorat Jenderal PP&PL Depkes RI Tahun 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s