REVIEW PROGRAM IMUNISASI BAGI PETUGAS IMUNISASI PUSKESMAS, RS / BP / RB SE-KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2012

Posted on

Salah satu target Program Imunisasi tecantum pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomer 482/Menkes/SK/IV/2010 tentang Gerakan Akselerasi Imunisasi Nasional Universal Cild Immunization2010-2014  yang menyebutkan target imunisasi tahun 2012 yaitu tercapainya cakupan imunisasi dasar lengkap minimal 85 % secara merata pada bayi di 90 % desa/kelurahan.

Untuk mengevaluasi hasil pencapaian imunisasi sampai Juli 2012 dan mengkoordinasikan pelaksanaan BIAS Campak dan DT-Td, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Review  Program Imunisasi Bagi Petugas Imunisasi Puskesmas, Rumah Sakit / Balai Pengobatan / Rumah Bersalin Se- Kabupaten Kebumen Tahun 2012. Review ini dilaksanakan pada Selasa, 28 Agustus 2012 dengan peserta sebanayk 51 orang yang terdiri dari koordinator imunisasi puskesmas dan petugas imunisasi dari RS/BP/RB baik pemerintah maupun swasta se-Kabupaten Kebumen.

Materi utama dalam review ini disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tentang Effective Management Vaccine (EVM). Selain itu, review diisi oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang menyampaikan materi tentang evaluasi hasil pencapaian program imunisasi dan pencatatan&pelaporan puskesmas dan RS/BP/RB sampai Juli 2012, evaluasi manajemen vaksin dan persiapan BIAS Campak dan DT-Td di Kabupaten Kebumen Tahun 2012.

Beberapa hal yang disepakati pada review antara lain : batas pengumpulan laporan imunisasi dari puskesmas, RS/BP/RB se-Kabupaten Kebumen paling lambat tgl 5 bulan berikutnya, puskesmas harus mengoptimalkan penggunaan kartu Batch dan software SMS (Storage Managemnent System) dan laporan BIAS harus dikumpulkan di Dinas Kesehatan paling lambat tgl. 20 Oktober 2012.

 

(Desi Frageti, SKM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s