LINGKUNGAN KUMUH, FAKTOR RISIKO MASYARAKAT TIDAK SEHAT

Posted on

Siapapun mengidam-idamkan hidup dan tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat. Akan tetapi,tidak semua lapisan masyarakat dapat menikmati hidup di lingkungan yang bersih dan sehat.Bahkan sebagian besar penduduk di Indonesia,hidup dalam kemiskinan dan tinggal di lingkungan yang kurang sehat. Mereka tinggal di pinggir-pinggir kota,di bawah jembatan, di jalanan, serta pinggiran sungai yang tentunya lingkungannya kurang mendukung untuk kesehatan mereka.

Berbagai penyakit menular dapat muncul dan menyerang mereka,seperti penyakit diare, thipoid, ISPA serta penyakit kulit. Penyakit-penyakit ini tidak hanya menyerang mereka yang tinggal di daerah kumuh. Orang yang tinggal di daerah bersih pun dapat terkena penyakit ini kalau mereka tidak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS). Sebagai contoh, di wilayah Puskesmas Ayah I yang lingkungannya tidak kumuh setiap minggunya selalu ada kejadian diare, klinis thipoid, penyakit ISPA maupun penyakit kulit (gatal-gatal). Penyakit-penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak memandang umur ataupun jenis kelamin. Biasanya penyakit-penyakit ini lebih dikenal dengan Water Born Disease (Penyakit-Penyakit yang ditularkan melalui Air).

Lingkungan yang kumuh juga merupakan tempat yang nyaman untuk berkembangnya vektor, diantaranya tikus sebagai vektor penyakit leptospirosis.

Meskipun penyakit-penyakit ini mudah menular,tetapi sebenarnya penyakit ini juga mudah untuk dicegah jika didukung dengan :

  1. kemauan dan komitmen yang kuat dari setiap orang,
  2. tokoh lingkungan tempat tinggal (toma, toga) serta
  3.  pemerintah/instansi terkait.

Utamanya,untuk penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

(Eni Purwanti, S.KM, Pkm Ayah I)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s