Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Posted on

Bagaimana cara kuman berpindah tangan?

Penderita flu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin, kemudian memagang pegangan di bus, saat memegang pegangan tersebut, bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan dan apabila memegang hidung atau mulut, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh kita. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain. Penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS, dan flu burung (H5N1) dapat dicegah dengan mencuci tangan secara benar. Sayangnya, banyak orang yang meremahkan kebiasaan sehat ini dan mengganggapnya tidak penting. Padahal dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik, hidup kita dan keluarga dapat lebih sehat.

 

Kenapa harus Cuci Tangan Pakai Sabun?

Ada banyak alasan mengapa kita harus membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun, diantaranya adalah cuci tangan pakai sabun adalah salah satu pencegahan penyakit yang paling sederhana dan murah, bahkan PBB telah mencanangkan tanggal 15 Oktober sebagai hari mencuci tangan dengan sabun sedunia. Tidak harus menggunakan sabun cair, menggunakan sabun batangan yang murah pun kita sudah bisa mencuci tangan menggunakan sabun. Sedangkan air yang mengalir tidak harus menggunakan air yang keluar dari kran, bisa juga dengan menggunakan ember yang dilubangi kemudian diisi air. Bisa dilakukan oleh setiap kalangan, dari yang tua sampai yang muda. Selain itu, cuci tangan pakai sabun setidaknya bisa mencegah berbagai penyakit, diantaranya diare, cacingan, flu burung, ISPA, dan TBC, bahkan menurut penelitian CTPS dapat mencegah penularan penyakit Hepatitis.

Kapan saja kita harus mencuci tangan menggunakan sabun?

Banyak kegiatan yang kita lakukan yang tanpa kita sadari ternyata telah menjadi jalan masuk bagi kuman untuk menulari diri kita dengan berbagai macam penyakit. Sebaiknya kita mencuci tangan sebelum makan, sesudah dari kamar mandi, setelah membuang sampah, sebelum memasak, setelah menyentuh hewan, setelah mengganti popok anak, dan kegiatan lain yang memungkinkan penularan tersebut terjadi.

 

Bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun yang benar?

  1. Basahi tangan dengan air yang mengalir.
  2. Ambil sabun, gosok hingga berbusa, jangan lewatkan menggosok punggung tangan dengan sela-sela jari.
  3. Bilas tangan dengan menggunakan air yang mengalir.
  4. Keringkan tangan, bisa dengan menggunakan lap, atau hanya dengan mengibas-ngibaskan tangan.

 

Lebih baik mencegah dari pada megobati bukan? Orang baru bisa merasakan sehat itu mahal harganya ketika mereka sudah merasakan sakit. Mari kita budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun, kebiasaan sederhana yang dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit. Mari kita tanamkan kebiasaan sederhana ini sedari kecil agar kita senantiasa terhindar dari berbagai macam penularan penyakit.

 

(anisa)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s